Langsung ke konten utama

YOUR NAME KARYA SHINKAI MAKOTO





        Pertama kali tahu Your Name itu dari anime berjudul Kimi no Nawa. Kebetulan waktu itu saya belum begitu suka menonton anime, jadi saya tidak tertarik untuk menontonnya. Namun, setelah diterbitkan ke dalam novel, saya langsung tertarik terutama dengan covernya yang menurut saya sangat keren. Saya beli buku ini sekitar bulan November 2020 dan baru bisa membacanya pada bulan Maret 2021 wkwk.

            Judul: Your Name

            Penulis: Shinkai Makoto

            Penerbit: Haru

            Tahun terbit: 2020

            Jumlah halaman: 336 hlm

            ISBN: 978-623-7351-20-7

       Awalnya saya tidak mengerti novel ini menceritakan tentang apa. Bisa saja saya menyontek dengan menonton dulu film animasinya. Namun, saya merasa pengalaman yang saya dapatkan dari membaca dan menonton akan berbeda.

     Jika diperhatikan, novel ini ditulis menggunakan dua font yang berbeda. Satu font untuk menuliskan narasi Mitsuha dan satu lagi untuk narasi Taki. 




        Novel ini mengisahkan tentang seorang siswi SMA yang secara alamiah bertukar tubuh dengan seorang siswa SMA yang tinggal di kota yang berbeda. Pertukaran tubuh itu terjadi secara tiba-tiba dan tanpa aba-aba. Pada awalnya mereka merasa terkejut dan dipaksa untuk beradaptasi dengan dunia “baru”. Mereka adalah Mitsuha, gadis yang tinggal di Desa Itomori dan Taki, lelaki yang tinggal di Kota Tokyo.

        Pertukaran tubuh antara Mitsuha dan Taki tidak berlangsung secara tetap dalam kurun waktu yang lama, melainkan berlangsung secara berulang dan tidak teratur. Mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang bertukar tubuh. Mereka menganggap bahwa kejadian yang mereka alami hanyalah mimpi.

        Pertukaran tubuh itu bukan tanpa alasan. Taki, berperan sebagai manusia dari masa depan datang untuk memberi kabar pada Mitsuha bahwa kelak di desanya akan terjadi peristiwa yang dahsyat, yakni sebuah meteorit akan jatuh dan menghancurkan desa itu beserta seluruh penduduknya. Dan itulah salah satu hal menarik dari novel ini, mereka sama-sama datang dari waktu yang berbeda. Lagi-lagi, jika pembaca tidak fokus, tentu akan merasa kebingungan dan bisa memutuskan untuk berhenti membaca sebelum selesai.

        Novel ini menyajikan beberapa istilah bahasa Jepang dan memberi beberapa gambaran suasana di negeri sakura itu. Penyajian deskripsi tersebut bisa membuat pembaca seolah melihat dan mengalaminya secara langsung.

      Sebenarnya cover novel ini sudah memberi informasi bahwa Taki dan Mitsuha tinggal di daerah yang berbeda. Gambar Taki dilatarbelakangi dengan gedung-gedung pencakar langit dan memberi kesan metropilitan sedangkan Mitsuha dilatarbelakangi dengan rerumputan dan sebuah pohon yang ada di pegunungan sehingga memberi kesan tradisional pedesaan.

      Saya baru memahami mengapa novel ini diberi judul Your Name karena pada akhir kisahnya, Mitsuha tidak bisa mengingat nama Taki dan Taki tidak bisa mengingat nama Mitsuha, namun mereka bisa merasakan bahwa mereka pernah berinteraksi sebelumnya. Sehingga, ketika pertama kali mereka bertemu lagi, yang mereka ucapkan adalah “namamu” atau your name. 


Komentar